RESEP KUE ENAK, KREPES RENYAH

Bahan-bahan kue crepes :

Tepung Terigu 100 gram, Ayak halus
Telur ayam 3 butir, Kocok lepas
Susu cair 175 ml
Air 50 ml
Butter/Mentega 2 sendok makan, lelehkan
Perasa Vanilla secukupnya
Garam secukupnya

Cara membuat kue crepes :
1. Siapkan baskom lalu campur tepung terigu dan garam dalam baskom, bentuk seperti kawah dengan lubang di tengah. Tambahkan telur ayam yang sudah dikocok dan sedikit susu. Aduk merata. Gunakan whisk atau blender untuk memudahkan pengadukan.
2. Setelah adonan tercampur merata tambahkan sisa susu, perasa vanilla, air dan mentega cair. Aduk kembali sampai halus dan adonan terlihat agak encer. Kemudian diamkan adonan selama ±30 menit.
3. Tutup wadah baskom dengan menggunakan kain lap basah.
4. Siapkan wajan anti lengket dengan diameter ±30 cm atau dengan menggunakan wajan yang khusus untuk crepes. Untuk wajan biasa sebelum dipanaskan olesi terlebih dahulu dengan sedikit minyak goreng atau margarine kemudian panaskan sampai keluar asap dari atas wajan.
5. Tuang adonan ke dalam wajan yang sudah dipanaskan. Untuk penggunaan wajan biasa, goyang wajan supaya adonan merata keseluruh permukaan wajan. Untuk penggunaan wajan khusus crepes gunakan susuk kayu untuk memutar adonan supaya melebar, tipis dan rata. Perhatikan adonan jangan sampai ada yang berlubang dan tutup segera dengan adonan saat muncul lubang.
6. Tunggu beberapa saat sampai setengah matang, kemudian tambahkan bahan isi sesuai selera, lalu lipat crepes dan tunggu sampai kering, dan angkat.
7. Santap crepes selagi hangat supaya terasa kriuk sedapnya.